get your own embeddable forum with Talki

Rabu, 07 Desember 2011

ASAM URAT VS HABBATUSSAUDA


Periset dari Departemen Rehabilitasi dan Reumatologi Sekolah Medis Yucunzu Yil University di Turki, Ibrahim Takeoglu, berhasil membuktikan Habbatussauda sangat berkhasiat untuk mengobati radang sendi akibat asam urat. Demikian disebutkan dalam buku Trio Herbal (Trubus Swadaya, 2010).
Cukup dengan mengonsumsi kapsul Habbatussauda 2 x 2 setiap hari, derita asam urat berhasil diatasi.
Dalam risetnya, Ibrahim memberikan timokuinon dari Habbatussauda kepada tikus yang terkena radang rematik dengan dosis 2,5 dan 5 mg/kg bobot tubuh. Hasilnya, timokuinon mampu menekan peradangan pada tikus. Hanya saja penelitian itu belum mengetahui faedah Habbatussauda untuk menurunkan kadar asam urat.
Kadar asam urat normal pada pria berkisar 3,5-7 mg/dl dan pada perempuan 2,6-6 mg/dl. Kadar asam urat di atas normal disebut hiperurisemia.
Faktor risiko yang menyebabkan orang terserang penyakit asam urat adalah pola makan, kegemukan, dan suku bangsa.
Asam urat sendiri merupakan produk akhir dari penghancuran purin, yaitu salah satu komponen asam nukleat yang terdapat pada inti sel-sel tubuh. Secara alamiah, purin terdapat dalam tubuh kita dan dijumpai pada semua makanan dari sel hidup, yakni makanan dari tanaman (sayur, buah, kacang-kacangan) atau hewan (daging, jeroan, ikan sarden).
Kebiasaan minum Alkohol juga mampu menyebabkan asam urat. Hal ini karena alkohol menghambat pembuangan asam urat lewat urine sehingga asam uratnya tetap bertahan di dalam darah. Asupan yang masuk ke tubuh juga memengaruhi kadar asam urat dalam darah. Makanan yang mengandung zat purin yang tinggi akan diubah menjadi asam urat. Purin yang tinggi terutama terdapat dalam jeroan, sea food (udang, cumi, kerang, kepiting, ikan teri).
Yang paling penting untuk diketahui adalah kalau asam urat tinggi dalam darah, tanpa kita sadari akan merusak organ-organ tubuh, terutama ginjal, karena saringannya akan tersumbat. Tersumbatnya saringan ginjal akan berdampak munculnya batu ginjal, atau akhirnya bisa mengakibatkan gagal ginjal.
Asam urat pun merupakan faktor risiko untuk penyakit jantung koroner. Diduga kristal asam urat akan merusak endotel/pembuluh darah koroner. Karena itu, siapa pun yang kadar asam uratnya tinggi harus berupaya untuk menurunkannya agar kerusakan tidak merembet ke organ-organ tubuh yang lain.
Dengan mengonsumsi Habbatussauda sesuai anjuran, insya Allah derita asam urat bisa disembuhkan. Tentunya harus pula disertai upaya untuk menjauhi asupan makanan yang  bisa menambah parah asam urat. Sebaliknya, perbanyak konsumsi makanan yang alami, yang berguna bagi tubuh untuk meningkatkan kemampuan menyembuhkan sakit yang diderita.
=================================================
sumber : proherbal.net

0 komentar:

Posting Komentar